Langsung ke konten utama

Perbaikan CNC Wire Cut CW 64 GF

Prinsip Kerja Wire Cut Machining

Segala peralatan yang kita gunakan sehari-hari merupakan hasil dari proses manufaktur atau dapat disebut machining process. Terdapat banyak jenis mesin-mesin manufaktur, namun secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:  konvensional  dan non-konvensional . Perbedaan mencolok antara mesin-mesin konvensional dan non-konvensional adalah terkait kontak yang terjadi antara benda kerja (workpiece)  dengan  peralatan machiningnya. Pada mesin konvesional, proses pemakanan (feeding process) atau proses pemahatan masih berkontak langsung dengan benda kerja, seperti: mesin bubut, milling, drilling dan sebagainya. Pada mesin-mesin non-konvensional, feeding process tidak melakukan kontak secara langsung dengan benda kerja, seperti: EDM (Electrical Discharge Machining), WJM (Water Jet Machining),  LBM (Laser Beam Machining) dan sebagainya.

Salah satu mesin manufaktur non-konvesional yang sekarang popular digunakan adalah Wire Cut machining. Dimana Wire Cut machining merupakan salah satu jenis mesin yang termasuk kategori EDM. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih detail terkait Wire Cut machining.

Komponen Penyusun Wire Cut Machining

Berikut ini komponen-komponen umum penyusun Wire Cut Machining:

1.Computerized Numerical Control (CNC)

Merupakan otak dari pergerakan wire (kawat) dalam proses pemahatan. Pengaturan menggunakan bahasa pemograman tertentu untuk menjalankannya. Dengan CNC, kawat akan bergerak secara otomatis sesuai dengan program yang dibuat. Hal ini akan meningkatkan keakuratan dalam proses pemahatan.

2. Power Supply

Merupakan komponen yang berfungsi sebagai sumber penyedia daya atau sumber tenaga penggerak sistem.

3. Komponen Mekanikal

Merupakan komponen mekanik, seperti: Meja kerja (worktable), mekanisme penggerak kawat dan workstand.

4. Dielektrik

Komponen yang berupa fluida yang berfungsi sebagai penyaring, pembersih hasil pemahatan dan menjaga konduktifitas air, resitifitas-nya dan temperatur.

Prinsip Kerja Wire Cut Machining

Wire cut menggunakan sebuah kawat elektroda (electrode wire) panas yang bergerak menembus benda kerja. Benda kerja yang dapat diproses menggunakan wire cut berupa material konduktif karena basis kerjanya menggunakan listrik. Panas yang terjadi pada kawat disebabkan oleh pulsa elektrik DC yang dibangkitkan antara kawat dengan benda kerja, hal ini serupa dengan proses EDM lainnya dimana kawat menjadi kutub negative dan benda kerja menjadi kutub positif sehingga akan dapat menimbulkan loncatan bunga api.

Di antara kawat dan benda kerja terdapat air yang ter-deionisasi yang disebut dielectric. Proses deionisasi akan menyebabkan air menjadi air murni yang berfungsi sebagai insulator dan air tap yang mengandung mineral, sehingga hal tersebut membuat kawat menjadi sangat konduktif.

Sedangkan untuk mengatur konduktifitas air, maka dibuatlah proses sirkulasi air pada sistem wire cut.

Ketika sistem teraliri listrik, maka air akan ter-deionisasi. Kemudian terjadi loncatan bunga api listrik diantara kawat dan benda kerja dan mengikis bagian kecil pada benda kerja. Pulsa elektrik terjadi berulang ribuan kali per detik. Sementara cairan dielectric bertekanan dialirkan untuk membantu proses pendinginan benda kerja dan membersihkan hasil kikisan dari kawat maupun benda kerja .

Baik untuk sistem listrik DC atau AC, celah yang terjadi antara kawat dan benda kerja sebesar 0,051 hingga 0,076 mm. Karena kawat tidak menyentuh benda kerja, maka Wire Cut machiningmerupakan proses pemotongan yang bebas akan tegangan (stress). Kawat elektroda yang biasa digunakan untuk proses ini berupa tembaga, kuningan dan zink dengan  diameter 0,025 hingga 0,357 mm.  Terkadang juga digunakan tungsten dan molybdenum sebagai kawat eletroda.

Jika mesin CNC anda bermasalah , perusahaan kami menawarkan untuk menyelesaikan permasalahan anda dalam perbaikan mesin industri termasuk mesin otomatis ( automation ) salah satucnya yaitu CNC Wire Cut. Untuk itu jangan segan - segan untuk menghubungi perusahaan kami di alamat :
CV. IKHWANI ADIL SEJAHTERA
Perum. Taman Krakatau Blok E12 No. 11
Waringin Kurung , Serdang , Serang , Banten , Indonesia - 42161
Phone / faxs 0254 8484493
M. Phone 081315468453 & 081910222756
WA Bussiness 082312121244
Mail : cv.ikhwaniadilsejahtera@gmail.com








posted from Bloggeroid

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Servis dan Perbaikan Mesin Plasma Cutting semua Merk

Mesin plasma cutting ini sangat cocok untuk di pergunakan memotong plat Stainless Steel. Prinsip dasar dari mesin plasma adalah menggunakan tengangan DC Constant Current dengan komponen Semi atau Full Elektronika , dimana mesin tersebut mempunyai tegangan terbuka ( OCV ) sangat tinggi. Selain itu mesin juga di lengkapi dengan ragkaian High Frekwensi untuk penyalaan Awal. Mesin tersebut dalam beroperasi menggunakan bantuan udara dari kompressor dengan tekanan sekitar 7 BAR.

Cara Memperbaiki Mesin Las

CARA MEMPERBAIKI MESIN LAS INVERTER DAN PLASMA CUTTING INVERTER Untuk dapat memperbaiki suatu mesin kita harus mengetahui mengetahui duu prinsip kerja dan cara kerja mesin tersebut. Jika kita sudah mengetahui cara pemakaian dan fungsi dari mesin tersebut barulah kita dapat mengenal jika ada sesuatu yang tidak normal / abnormal terhadap mesin tersebut. Pada kali ini kami akan menyajikan cara memperbaiki mesin las inverter MMA portable, Pada era sekarang type inverter portable welding antara lain : 1. Type MOSFET 2. Type IGBT Yang kami maksud disini adalah Penggunaan MOSFET dan IGBT adalah trrintegrasi menjadi satu rangkaian PCB ) Printed Circuit Board ). Permasalahan yang seringkali terjadi pada portable inverter welding adalah sebagai berikut : 1. Mesin Las Mati Total 2. Mesin Las Hidup tetapi tidak ada output las ( Tidak bisa dipakai  ngelas ) Tidak ada OCV, LOW OCV dan High OCV ) 3. Mesin Las Protect ( On Weld Off weld ) 4. Busur Api mesin las tidak dapat di kontrol 5.

Service mesin Las dan Inverter Las

IAS,CV telah menjadi layanan profesional dan terkenal dalam bidang perbaikan Mesin industri dan pemasok/Supplier ber basis di Cilegon, Indonesia, dengan spesial Product sebagai berikut: Supplier Elektronika dan Mekanikal Komponen: semikonduktor, IGBT, Power Modul, Dioda, Thyristor, Braking Resistor, Potensiometer, Solid State Relays, Katodik, Rubber Fender, Contactor, PLC, CNC dan Drive. Produk ini digunakan untuk mesin industri, Inverter, Converter, Telekomunikasi, Electric Forklift , lift , dan Konsumen Elektronik. Supplier Komponen Telekomunikasi, Komponen Hand phone, Komputer dan Semua Modul Elektronik. Supplier Komponen Listrik dan Jasa Instalasi Electric Industries, Perumahan / Perkantoran Pemasok / Supplier Alat Kesehatan, Sarana prasarana Kantor / ATK Servis dan Perbaikan Mesin Industri dan Mesin Perkakas   sebagai berikut: 5.1.             Servis dan Perbaikan Mesin Las ( Welding Machines ) , Mesin Potong ( Cutting Machines ), Invert